Minggu, 15 Mei 2011

Pidato Bahasa Indonesia


Judul : Pentingnya Penanaman Tenggang Rasa Sejak Dini
Penyusun : Ismet S. Pd.
Pendeklamasi : Nanda Fadil Azmi
Seleksi : Lomba FLS2N Tingkat Kec. Metro Pusat
Juara : 1
Seleksi : Tk. Kota Metro
Juara : II
Seleksi Tk. Prop : Kita Tunggu Bersama

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati, Bpk dan Ibu dewan Juri;

Yang saya hormati, para hadirin yang berada di ruangan ini;

Dan yang sedang berbahagia peserta lomba pidato dalam rangka Festival Lomba Seni Siswa Sekolah Dasar

Pertama dan yang utama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahkmat dan hidayahnya kita semua berada dalam keadaan sehat sehingga dapat hadir dalam acara ini,

Salawat serta salam marilah kita panjatkan kepada sanjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang akan kita nanti-nantikan Syafaatnya di yaumul Akhir nanti,

Saya berdiri disini mohon Izin untuk berpidato, judul pidato saya adalah:


“Pentingya Penanaman Sikap Tenggang Rasa Sejak Dini”

Akhir-akhir ini di negeri kita yang dapat kita lihat di televisi atau ada yang menyaksikan langsung sering terjadi kekerasan, bila dilihat asal muasal penyebabnya adalah hal-hal kecil yang harusnya bisa diselesaikan secara-baik-baik, tetapi kenyataannya masyarakat zaman sekarang lebih memilih menyelesaikan masalah menggunakan otot dibandingkan menggunakan otak, betul tidak?. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Penyebabnya adalah lunturnya sikap tenggang rasa saling menghargai satu sama lain didalam masyarakat di Negara yang kita cintai ini.

Sebagai contoh gara-gara berbeda pendapat dan memaksakan pendapatnya orang menjadi ribut, jotos-jotosan, main serang dan bakar tanpa memfikirrkan kerugian yang akan dialami oleh orang lain yang tidak bersalah, mengapa demikian? Karena tidak adanya tenggang rasa diantara kita. Dari anggota Dewan yang terhormat hingga tukang becak di pinggir jalan semua perlu memiliki rasa tenggang rasa agar dalam menyelesaikan permasalahan tidak menggunakan kekerasan.

Sebagai siswa sekolah dasar saya dan rekan-rekan semua yang hadir disini, harus memiliki rasa tenggang rasa, sejak dini bapak dan Ibu guru juga wajib untuk menanamkan rasa saling menghargai agar kelak kami memiliki mental dan kepribadian yang baik, sehingga kelak dalam menyelesaikan masalah kami dapat menggunakan cara musyawarah yang mengedepankan akal logika dibadingkan menyelesaikan masalah menggunakan kekerasan.

Jadi apa sih sebenarnya tengangsara itu? Ada yang tahu? Baik Saya akan mencoba jelaskan rasa tegangga rasa adalah rasa saling menghormati dan saling menghargai antar individu, kelompok atau juga golongan. Jika setiap dari kita semua memiliki rasa tegang rasa, maka hidup kita semua akan tenang dan damai.

Pesan saya kepada diri pribadi daya sendiri khususnya dan hadirin yang berada diruangan ini umumnya, pentingnya memiliki rasa saling menghormati dan menghargai dalam segala hal, indahnya hidup bila kita saling menghargai dan menghormati, dan janganlah memiliki sifat ingin di hargai dan ingin dihormati. Jangan pernah bertanya mengapa kita tidak dihargai atau dihormati orang lain, bertanyalah kepada diri kita sendiri “sudah pantaskah kita dihargai dan dihormati?, jadi jika kita ingin dihormati dan dihargai oleh orang lain maka kita harus terlebih dahulu menghargai dan menghormati orang lain.

Demikian pidato dari saya,

Bila terdapat kekurangan, kepada seluruh yang hadir saya meminta maaf,

Dan Kepada Allah saya mohon Ampun,

Akhirmussalam, Wassalamualaikum Wr, Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG PRIBADI ISMET

Alamat: Kota Metro, Lampung
HP/WA: 082186657038
Saling Berbagi Ilmu, melayani Sharing dan bertukar informasi mengenai Karya Ilmiah khusus SD & PAUD, Perangkat Pembelajaran SD (KTSP & Kurikulum 2013) RPP Promes, Prota SILABUS
Silahkan Hubungi No: Di atas
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates