Bandarlampung, 12 Juli 2013 dilaksanakan pendidikan dan latihan implementasi kurikulum 2013 yang diikuti oleh pendidik dan kepala sekolah se-Propinsi Lampung. Diklat ini dilaksanakan di Bandarlampung dan dibagi di beberapa lokasi diantaranya di LPMP, Hotel Sahid, Hotel Hartono serta Hotel Nusantara. Pada tahun ini peserta diklat pada tahun 2013 ini diikuti oleh sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang memiliki predikat akreditasi tipe A. Untuk guru SD terdiri dari Kepala Sekolah, guru kelas 1 dan 4, guru SBK serta guru penjas (PJOK), untuk guru SMP terdiri dari guru PKn, Bhs. Indonesia, Bhs. In
ggris, Matematika, IPS, IPA, dan SBK sedangkan untuk guru SMA dan SMK terdiri guru Matematika, Bhs. Indonesia dan Sejarah. Diklat dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 8 hingga 14 Juli 2013, tetapi untuk guru dilaksanakan hanya 5 hari dari tanggal 9 hingga tanggal 13 Juli 2013.
Materi diklat disampaikan oleh guru-guru inti yang sebelumnya telah mengikuti diklat di Jakarta, materi yang disampaikan diantaranya sebagai berikut.
NO.
|
MATERI
PELATIHAN
|
KODE
|
|
0.
|
PERUBAHAN MINDSET
|
||
Bahan Tayang
|
Tantangan Indonesia
dalam Abad ke-21
|
PPT-0.1
|
|
1.
|
KONSEP KURIKULUM 2013
|
||
Video
|
Tayangan Paparan Kurikulum 2013 oleh
Mendikbud
|
V-1.1
|
|
Bahan Tayang
|
Rasional
|
PPT-1.1
|
|
Elemen Perubahan
|
PPT-1.2
|
||
SKL, KI, KD
|
PPT-1.3
|
||
Strategi Implementasi
|
PPT-1.4
|
||
Hand-Out
|
Naskah Kurikulum 2013
|
HO-1.1/1.2/1.4
|
|
SKL, KI, dan KD
|
HO-1.3/2.1/
2.4/3.1/3.2
|
||
Contoh Analisis Keterkaitan antara
SKL, KI, dan KD
|
HO-1.3
|
||
Lembar
Kerja/Rubrik
|
Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD
|
LK-1.3
|
|
2.
|
ANALISIS MATERI AJAR
|
||
Video
|
Pembelajaran di SD Kelas I
|
V-2.1/4.1
|
|
Bahan Tayang
|
Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu
|
PPT-2.1-1
|
|
Konsep Pendekatan Scientific
|
PPT-2.2-1
|
||
Konsep Penilaian Autentik pada Proses
dan Hasil Belajar
|
PPT-2.3
|
||
Analisis Buku Guru dan Siswa
|
PPT-2.4
|
||
Lembar
Kerja/Rubrik
|
Analisis Buku Guru
|
LK-2.4-1
|
|
Analisis Buku Siswa
|
LK-2.4-2
|
||
Rubrik Penilaian Hasil Analisis Buku
Guru dan Siswa
|
R-2.4
|
||
Hand-Out
|
SKL, KI, dan KD
|
HO-1.3/2.1/
2.4/3.1/3.2
|
|
Konsep Pembelajaran
Tematik Terpadu
|
HO-2.1-1
|
||
Implementasi
Pembelajaran Tematik Terpadu
|
HO-2.1-2
|
||
Konsep Pendekatan Scientific
|
HO-2.2-1
|
||
Contoh Penerapan Pendekatan scientific
dalam Pembelajaran di SD Kelas I
|
HO-2.2-2
|
||
Konsep Penilaian
Autentik
|
HO-2.3
|
||
Contoh Penerapan Penilaian Autentik
pada Pembelajaran di SD Kelas I
|
HO-2.3/3.2
|
||
Lembar
Kerja/Rubrik
|
Analisis Buku Guru
|
LK-2.4-1
|
|
Analisis Buku Siswa
|
LK-2.4-2
|
||
Rubrik Penilaian Hasil Analisis Buku
Guru dan Siswa
|
R-2.4
|
||
3.
|
MODEL RANCANGAN PEMBELAJARAN
|
||
Bahan Tayang
|
Rambu-rambu Penyusunan RPP Mengacu
pada Standar Proses dan Pendekatan Scientific
|
PPT-3.1-1
|
|
Panduan Tugas Menelaah Rancangan
Penilaian pada RPP yang Telah Dibuat
|
PPT-3.2
|
||
Hand-Out
|
SKL, KI, dan KD
|
HO-1.3/2.1/
2.4/3.1/3.2
|
|
Rambu-rambu Penyusunan RPP Mengacu
pada Standar Proses dan Pendekatan Scientific
|
HO-3.1-1
|
||
Contoh RPP Tematik SD Kelas I
|
HO-3.1-2
|
||
Contoh Penerapan Penilaian Autentik
pada Pembelajaran
|
HO-2.3/3.2
|
||
Lembar
Kerja/Rubrik
|
Telaah RPP
|
LK-3.1/3.2
|
|
Rubrik Penilaian Telaah RPP
|
R-3.1/3.2
|
||
4.
|
PRAKTIK PEMBELAJARAN TERBIMBING
|
||
Video
|
Video Pembelajaran
|
V-2.1/4.1
|
|
Bahan Tayang
|
Strategi Pengamatan Tayangan Video
|
PPT-4.1
|
|
Panduan Tugas Praktik Pelaksanaan
Pembelajaran Melalui Peer-Teaching
|
PPT-4.2-1
|
||
Instrumen Penilaian Pelaksanaan
Pembelajaran
|
PPT-4.2-2
|
||
Lembar
Kerja/Rubrik
|
Analisis Pembelajaran pada Tayangan
Video
|
LK-4.1
|
|
Rubrik Penilaian Analisis Pembelajaran
pada Tayangan Video
|
R-4.1
|
||
Instrumen Penilaian Pelaksanaan
Pembelajaran
|
LK-4.2
|
||
Rubrik Penilaian Pelaksanaan
Pembelajaran
|
R-4.2
|
0 komentar:
Posting Komentar