Jumat, 03 Desember 2010

FKIP UNILA BUKA PPG


Courtsey: Dera Tresia P_Buletin Mahasiswa Unila Edisi 22 Nov-6 Des 2010

FKIP, Tek-News. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila pada tahun 2011 akan membuka Pendidikan Profesi Guru (PPG). PPG merupakan sekolah lanjutan bagi tenaga guru untuk mendapatkan gelar profesi. Program ini diutamakan untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun swasta yang telah menyandang gelar sarjana terutama untuk lulusan tahun 2009, dan 2010.

Pembantu Dekan I FKIP, Mulyanto Widodo mengatakan PPG berbeda dengan sertifikasi. Dalam PPG peserta tidak perlu menjabat profesi guru selama 5 tahun terlebih dahulu seperti pada sertifikasi. Peserta PPG secara langsung akan menjadi guru tersertifikasi tanpa perlu mengikuti program sertifikasi guru. Tenaga guru yang ingin mengikuti PPG harus mengikuti beberapa tes, seperti tes kompetensi, praktek mengajar dan Toefl.

Menurut PD I FKIP, Kuota penerimaan peserta PPG terbatas untuk setiap program studinya. Untuk satu kualifikasi penerimaan, hanya merekrut maksimal 25 peserta. Untuk tahap awal, hanya sepuluh program sudi yang dibuka yaitu:

1) MIPA Pend. Mtk

2) MIPA Pend. Fisika

3) MIPA Pend. Kimia

4) IPS Pend. Sejarah

5) IPS Pend. Geografi

6) IPS Pend. Ekonomi

7) Bahasa & Seni Pend. Bahasa Indonesia

8) Bahasa & Seni Pend. Bahasa Inggris

9) IP Pend. Penjas

10) IP PGSD

Sedangkan untuk Prodi lain belum bisa dibuka. Hal ini dikarenakan prodi tersebut belum memenuhi persyaratan seperti masih minimnya tenaga pengajar yang bergelar Doktor. “Bahkan belum (belum doctor), untuk BK masih terakreditasi C dan lain-lain, Ujar PD-1 FKIP.

Dalam pelaksanaan PPG harus mengikuti perkuliahan selama satu tahun. Program pengajarannya dibagi menjadi dua gelombang selama satu semester 60% lokakarya berupa pembekalan dalam penyusunan materi dan 40% Program Praktek Lapangan (PPL). ”PPG akan dilaksanakan di program studi masing-masing .....................

selamat dan sukses Yaaaa.....

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kapan jadwal pembukaan program ppg pendidikan fisika tahun 2020.?

Posting Komentar

BLOG PRIBADI ISMET

Alamat: Kota Metro, Lampung
HP/WA: 082186657038
Saling Berbagi Ilmu, melayani Sharing dan bertukar informasi mengenai Karya Ilmiah khusus SD & PAUD, Perangkat Pembelajaran SD (KTSP & Kurikulum 2013) RPP Promes, Prota SILABUS
Silahkan Hubungi No: Di atas
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates