Minggu, 20 Desember 2015

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA




(Studi Ekperimen Pada Siswa Kelas III SD Negeri 4 Metro Timur Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015)

THE EFFECT OF ROLE PLAYING METHOD AND PERSONALITY TYPE  TO THE LEARNING MATHEMATIC ACHIEVEMENT

ISMET
PPs UNJ Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
e-mail: ismet.unila@gmail.com

ABSTRACT

                         This study aimed to find out the effect of Role Playing Method macro and micro And Personality Type to a increase  mathematic learning chievement.This research represent the quantitative research of comparability use the experiment method by desain.The result of study shows: (1) the students achievement mathematic   who studied by macro role playing method was higher than those who studied by micro role playing method, (2) the student who had exstrovert type studied by macro role playing method had higher on mathematic learning achievement  than those who had extrovert type and studied by micro role playing method, (3) the student who had introvert type and studied by micro role playing method had higher on mathematic learning achievement than those who introvert type and studied macro role playing method and (4) there was an interaction effect between the use of role playing method and personal type Some implications of this study were: appliying role playing micro and macro method in mathematics learning, should be considered the personal type (ekstrovert and introvert).

Key Words: role playing, personal type, learning mathematic acievement

ABSTRAK

                      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain peran makro dan bermain peran mikro ditinjau dari tipe kepribadian siswa (ekstrovert dan introvert) terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Eksperimen Faktorial Treatment by level 2 x 2.  Hasil penelitian adalah: (1) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran bermain peran makro lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan metode bermain peran mikro, (2) hasil belajar matematika siswa dengan tipe kepribadian extrovert yang menggunakan metode bermain peran makro lebih tinggi daripada yang menggunakan metode bermain peran peran mikro, (3) hasil belajar matematika siswa dengan tipe kepribadian introvert yang menggunakan metode bermain peran mikro lebih tinggi daripada yang menggunakan metode bermain peran peran makro dan (4) terdapat pengaruh interaktif antara metode pembelajaran bermain peran dengan tipe kepribadian terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa penerapan metode pembelajaran bermain peran makro dan mikro dalam pembelajaran matematika hendaknya mempertimbangkan tipe kepribadian (ekstrovert dan introvert).

Kata Kunci: bermain peran, tipe kepribadian, hasil belajar matematika

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG PRIBADI ISMET

Alamat: Kota Metro, Lampung
HP/WA: 082186657038
Saling Berbagi Ilmu, melayani Sharing dan bertukar informasi mengenai Karya Ilmiah khusus SD & PAUD, Perangkat Pembelajaran SD (KTSP & Kurikulum 2013) RPP Promes, Prota SILABUS
Silahkan Hubungi No: Di atas
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates